Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan menjadi salah satu Mata Kuliah (MK) yang harus ditempuh setiap mahasiswa untuk dapat menyelesaikan studinya. PPL merupakan bentuk penjabaran praktis mahasiswa STAI Al Hikmah Tuban, khususnya Program Studi Ekonomi Syari’ah untuk menyesuaikan antara teori yang diperoleh di bangku perkuliahan dan praktiknya di dunia kerja, baik di lembaga keuangan syariah bank maupun non bank. Seusia dengan kurikulum KKNI, Prodi Ekonomi Syari’ah berkeinginan untuk mempersiapkan lulusannya sebagai sarjana yang siap pakai dan profesional. Secara spesifik, tujuan dari PPL yang dilaksanakan adalah untuk meningkatkan profesionalisme mahasiswa di dunia kerja, dimana hal ini diukur dari tiga poin, yaitu ketrampilan (skill), pengetahuan (knowledge), dan sikap kerja (attitude).

Pembukaan PPL di Bank BRI Syariah Lamongan

Pembukaan PPL di Bank Mandiri Syariah Bojonegoro

Pembukaan PPL di Bank Mandiri Syariah Tuban

Tahun 2018 ini menjadi tahun perdana pelaksanaan PPL bagi Prodi Ekonomi Syariah. Tahun ini, prodi yang memiliki akreditasi B ini mengirimkan 14 mahasiswanya untuk melaksanakan PPL di berbagai bank syariah di wilayah Bojonegoro, Tuban, dan Lamongan, yaitu Bank Mandiri maupun Bank BRI Syari’ah. Pelaksanaan PPL tersebut dibawah bimbingan dua dosen tetap prodi Ekonomi Syari’ah, yaitu Bapak Agus Sifa’, SE., MM dan Bapak Moch. Zaenal Aziz Muchtarom, S.Pd., M.E.I.

Di akhir kegiatan ini, mahasiswa Prodi Ekonomi Syari’ah dituntut untuk membuat laporan kerja PPL yang dilaksanakan selama 1 bulan penuh (10 September – 10 Oktober 2018) dalam bentuk laporan individu dan laporan kelompok yang nantinya akan diujikan sebagai alat ukur untuk mengetahui tingkat perkembangan pengetahuan mahasiswa pasca PPL, setelah sebelumnya dilakukan pre-test sebelum pelaksanaan PPL di berbagai bank di atas.

 

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Ekonomi Syari’ah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *