Sudah kita ketahui bahwa setiap dosen memiliki 3 kewajiban, yang kita sebut sebagai Tridharma Perguruan Tinggi, yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Implementasi pengajaran dilaksanakan dosen di kelas melalui proses belajar mengajar, diskusi, atau bentuk sharing ilmu kepada para mahasiswa, sedangkan penelitian biasanya dilakukan melalui penulisan jurnal, baik konseptual maupun penulisan hasil penelitian lapangan dalam jurnal tersebut. Dosen pun tidak terlepas dari kewajiban untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat karena memang kita hidup bersama dengan masyarakat.

Penulisan jurnal terkadang menjadi momok tersendiri bagi dosen, sehingga perlu adanya usaha untuk terus meningkatkan dan mengasah kemampuan dosen dalam bidang tulis menulis, khususnya menulis jurnal. Program Studi Ekonomi Syari’an pun demikian, dimana pihak prodi terus mendorong keaktifan dosen untuk terus menulis dan mendorongnya untuk mengikuti forum ilmiah ataupun seminar kepenulisan sehingga kemampuannya semakin terasah.

Salah satu kegiatan yang diikuti oleh para dosen Prodi Ekonomi Syari’ah adalah mengikuti workshop penulisan artikel ilmiah yang diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IKIP PGRI Bojonegoro. Acara tersebut membahas tentang strategi penulisan dan publikasi artikel ilmiah pada jurnal nasional, analisis contoh manuskrip, serta praktik penggunaan tools penulisan artikel ilmiah, baik Mendeley maupun Tool References. Acara ini diikuti oleh berbagai pihak, baik dosen maupun mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur, salah satunya adalah perwakilan dosen Program Studi Ekonomi Syari’ah STAI Al Hikmah Tuban.

Keaktifan Dosen Prodi Ekonomi Syari’ah dalam Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *