Konferensi Penelitian Responsif Gender merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan IAIN Surakarta, khususnya LP2M dan Pusat Studi Gender dan Anak yang menaungi  Jurnal Buana Gender. Pada tahun 2017 lalu, acara serupa diadakan di kota Solo, namun pada tahun 2018 ini dilaksanakan di kota Gudeg Yogyakarta. Bertempat di Hotel Galuh Prambanan Yogyakarta, acara ini dilaksanakan pada tanggal 25 Р27 September 2018.

Dalam acara yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut, salah satu dosen Program Studi Ekonomi Syari’ah STAI Al Hikmah Tuban, Niswatin Nurul Hidayati, S.S., M.A. turut serta di dalamnya. Acara tersebut mengagendakan cukup banyak materi meliputi, Belajar dari konsep, praktik, dan konteks dalam studi gender dan media, Metodologi penelitian gender, serta stratgei publikasi penelitian gender. Terdapat beberapa pemateri ahli dalam bidang gender yang turut hadir, sebut saja Dr. Fatimah Zhang Xin Yu (Direktur Soaring Falcon International China), Prof. Dr. Hikmatullah Babu Shahib, MA. (Chairman Centre for Minority Muslim Studies Malaysia-Singapore), Dr. Ratna Noviani, Ph.D., serta Prof. Irwan Abdullah, Ph.D. yang merupakan Guru Besar di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, baik akademisi maupun NGO yang hadir dari seluruh Indonesia. Dari acara tersebut, diharapkan bahwa setiap pihak terus giat dalam melakukan publikasi ilmiah, khususnya terkait dengan kajian gender, baik dalam kaitannya dengan kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan lain sebagainya.

Keikutsertaan Dosen Prodi Ekonomi Syari’ah dalam Konferensi Penelitian Responsif Gender

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *