SetiapĀ  mahasiswa yang akan menyelesaikan program studinya wajib menyelesaikan tugas akhir. Skripsi/Tugas Akhir merupakan karya tulis ilmiah yang dikerjakan mahasiswa menjelang akhir studinya. Karya tulis ini dapat berupa hasil kegiatan penelitian, studi literature, studi kasus dan/atau perancangan dengan melakukan analisis keilmuan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Dalam meyelesaikan tugas akhir sebagai syarat mendapatkan gelar Sarjana, mahasiswa harus melalui serangkaian kegiatan yang saling berkaitan. Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dari:

  1. Pengajuan tema/topik skripsi/tugas akhir kepada ketua program studi atas persetujuan Dosen Penasehat Akademik dengan mengisi formulir Pengajuan Penyusunan Skripsi/Tugas Akhir dengan mencantumkan skripsi dalam KRS.
  2. Dosen pembimbimbing skripsi/tugas akhir ditentukan oleh prodi.
  3. Setelah skripsi disetujui pembimbing, mahasiswa diwajibkan mempresentasikan skripsinya pada saat ujian skripsi pada hari yang telah ditentukan oleh panitian ujian skripsi atas persetujuan masing-masing program studi.
  4. Mahasiswa yang tidak menyelesaikan penulisan skripsi/tugas akhir pada rentang waktu 2 (dua) semester aktif terhitung sejak dicantumkan dalam KRS, diberi perpanjangan selama-lamanya 2 bulan. Jika sampai batas waktu tersebut belum selesai, mahasiswa harus mengganti judul skripsi dan memulai proses penulisan skripsi baru.

Kegiatan tersebut dilakukan secara aktif oleh mahasiswa dengan dibimbing dosen yang ditentukan oleh program studi. Mahasiwa diharapkan menjalani kegiatan tersebut sesuai dengan pedoman yang telah dibuat sehingga dapat menyelesaikan kegiatan tepat waktu. Dengan menyelesaikan kegiatan tersebut secara bertahap sesuai waktu yang telah ditentukan, mahasiswa akan dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. Demi kelancaran pelaksanaan penulisan skripsi tersebut, maka perlu diadakan adanya Pembekalan dan Pelatihan terkait metodologi penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif.

Dalam acara yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2018 itu, mahasiswa dari masing-masing program studi yang ada di Lingkungan STAI Al Hikmah Tuban sangat antusias mengikutinya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Keluarga Islam, Ekonomi Syari’ah, serta Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang datang mengikutinya.

Terdapat 3 materi yang disampaikan dalam acara tersebut, yaitu Metodologi penelitian kuantitatif yang disampaikan oleh Bapak Joko Hadi Purnomo, SE., ME., M.Si., penelitian kualitatif oleh Bapak Mujib Ridlwan, S.Ag., MA., M.Si., serta teknis pelaksanaan skripsi tahun akademik 2018/2019 yang disampaikan oleh Niswatin Nurul Hidayati, S.S., M.A.. Dengan diadakannya acara terserbut, diharapkan mahasiswa lebih tertib dan lancar dalam proses penulisan skripsi. (NNH)

Pembekalan Skripsi Mahasiswa Semester VII Tahun Akademik 2018/2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *