Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian dari mahasiswa kepada masyarakat, dan KKN termasuk dalam mata kuliah yang memiliki bobot 4 SKS. Kuliah Kerja Nyata (KKN) memiliki berbagai macam konsep atau metode, dan STAI Al Hikmah Tuban memiliki metode PAR (Participatory Action Research), dimana metode ini memiliki fokus menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat dengan mengikusertakan masyarakat dalam prosesnya. Di tahun akademik 2018/2019 ini, KKN STAI Al Hikmah Tuban diikuti oleh 4 Program Studi, yaitu Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Ekonomi Syariah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, dan Hukum Keluarga Islam. Total dari seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini adalah 152 Mahasiswa.

Pada tahun 2019 ini, kegiatan KKN dimulai pada tanggal 21 Januari 2019 – 21 Februari 2019, dimana lokasi KKN yang ditempati adalah 8 desa yang ada di sekitar STAI Al Hikmah Tuban, Desa Banyuurip, Desa Katerban, DesaTingkis, Desa Kedungjambe, Desa Pacing, Desa Sidodadi, dan Desa Banaran. Sebelum KKN tersebut, pihak STAI Al Hikmah Tuban menyelenggarakan pembekalan dalam 2 hari, yaitu pada tanggal 14 dan 15 Januari 2019. Pada hari tanggal 14 Januari 2019, terdapat beberapa materi yang dismapaikan, misalnya Transektoral dan Mapping yang disampaikan oleh Hj. Fathonah K Daud, Lc., M.Phil., Diagram Venn dan Diagram Alur yang disampaikan oleh Niswatin Nurul Hidayati, S.S., MA., Daily Routine yang disampaikan Zulfatun Anisah, M.Pd., serta materi Field Note yang disampaikan oleh Nurul Novitasari, M.Pd.I. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 08.00 sampai dengan 14.00

Sebagai lanjutannya, besok pada tanggal 15 Januari 2019 akan dilanjutkan dengan materi Pohon Masalah dan Pohon Harapan yang akan disampaikan oleh Bapak Joko Hadi Purnomo, SE., ME., M.Si. Kemudian akan dilanjutkan dengan praktik dari masing-masing teknik, dimana mahasiswa akan diminta berkeliling desa Binangung Kecamatan Singgahan untuk mempraktikkan beberapa teknik PAR tersebut. Dengan diterapkannya teknik PAR dalam Kuliah Kerja Nyata ini, diharapkan mahasiswa dapat berlatih dalam bidang penelitian sekaligus pengabdian kepada masyarakat. (NNH)

 

Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2018/2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *