Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh STAI Al Hikmah Tuban, dan tahun ini menjadi tahun pertama bagi Program Studi Ekonomi Syariah untuk mengikuti kegiatan ini. Bersama dengan program studi lain, tahun 2019 ini mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah mengikuti kegiatan KKN di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Singgahan, Parengan, Bangilan, serta Senori. Pelepasan KKN Tahun ini dilaksanakan di halaman Kampus STAI Al Hikmah Tuban pada tanggal 21 Januari 2019, dan diresmikan oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik, Bapak Arif Syamsurrijal, S.Ag., MA. Di samping itu, pelepasan ini juga dihadiri oleh dosen-dosen STAI Al Hikmah Tuban, serta ketua Yayasan Al Hikmah, KH. M. Husnan Dimyati.

Tahun ini, STAI Al Hikmah Tuban memberangkatkan 152 mahasiswa dari 4 program studi, termasuk di dalamnya Program Studi Ekonomi Syariah. KKN menjadi ajang praktik untuk penelitian serta pengabdian masyarakat karena metode yang digunakan adalah PAR (Participatory Action Research) yang menerapkan cukup beragam teknik untuk menemukan masalah dan potensi yang ada di dalam masyarakat. Untuk membekali mahasiswa dengan kecakapan ini, sebelumnya pihak panitia telah melakukan pelatihan selama dua hari pada tanggal 14 dan 15 Januari 2019.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini akan dilaksanakan selama satu bulan penuh dari tanggal 21 Januari 2019 sampai 21 Februari 2019 dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang telah berkompeten di dalam metode ini. Beberapa dosen STAI Al Hikmah Tuban yang menjadi dosen pembimbing Lapangan adalah, Moh. Agus Sifa’, SE., MM., Muhammad Rouf, S.Pd.I., M.Pd., Niswatin Nurul Hidayati, S.S., M.A., ZulfatunĀ  Anisah, S.Pd., M.Pd., Nurul Novitasari, S.Pd.I., M.Pd.I., Ahmad Suyanto, S.Pd., M.Pd., Hj. Fathonah K. Daud, Lc., M.Phil, serta Dainuri, S.Pd.I., M.Pd.

KKN ini selain sebagai salah satu Mata Kuliah (MK) yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa juga merupakan praktik penelitian dan pengabdian, tidah hanya bagi dosen, namun juga bagi mahasiswa. Pihak Pengelola prodi Ekonomi Syariah berharap bahwa pengalaman KKN angkatan pertama ini akan berjalan dengan lancar dan menjadi contoh dan teladan yang baik bagi adik tingkat nantinya. (NNH)

Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *