Desa Sidodadi Kecamatan Bangilan memiliki wilayah yang cukup luas, dimana desa ini memiliki 3 dusun, yaitu Dusun Mundri, Dusun Soto, dan Dusun Mbamban. Desa ini memiliki cukup banyak potensi, mulai dari luasnya lahan pertanian, adanya beberapa home industry, adanya pengembangan Bio Gas serta pengembangan pupuk organic. Namun ada pula masalah yang tengah dihadapi oleh desa ini, yaitu berkaitan dengan sampah.

Pihak perangkat desa menyatakan bahwa terdapat beberapa titik di desa ini yang menjadi sasaran orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk dijadikan tempat pembuangan sampah. Masalah ini ditemukan ketika dilakukannya FGD (Focus Group Discussion) oleh warga desa, perangkat desa, serta unsur-unsur yang ada di desa Sidodadi dimana acara ini difasilitasi oleh kelompok KKN STAI Al Hikmah Tuban.

STAI Al Hikmah Tuban menggunakan PAR (Participatory Action Research)sebagai metode yang digunakan dalam KKN (Kuliah Kerja Nyata). Dari hasil FGD di atas, Kelompok KKN telah melakukan aksi nyata dengan memanfaatkan sampah tersebut menjadi berbagai macam kerajinan, misalnya tempat air minum ataupun tempat tissue.

Di samping itu, berdasarkan hasil diskusi dengan berbagai pihak di desa sidodadi, permasalahan tentang sampah ini juga akan ditindalanjuti dengan akan dibentuknya Bank Sampah sebagai salah satu unit di BUMDesa (Badan Usaha Milih Desa) Desa Sidodadi. Oleh karena nya pihak desa menginginkan adanya pelatihan dalam pengelolaan sampah tersebut.

KKN PAR STAI Al Hikmah Tuban juga bersepakat untuk memfasilitasi dalam pengadaan pelatihan tersebut dengan mengundang salah satu NGO, yaitu IDFoS Indonesia. Dalam hal ini pihak IDFoS diwakili oleh Rizal Zubad Firdausi, S.T.

Acara pelatihan yang diadakan di Balai Desa Sidodadi pada hari Kamis 14 Februari 2019 ini dihadiri oleh cukup banyak pihak, baik warga, perangkat desa, pemuda, serta berbagai lembaga di desa. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Niswatin Nurul Hidayati, S.S., juga turut hadir dalam acara tersebut dan berharap bahwa dengan adanya pelatihan ini bisa menjadi bentuk aksi nyata kontribusi kelompok KKN STAI Al Hikmah Tuban dalam mengabdikan diri mereka kepada masyarakat dan membawa impact yang baik selanjutnya, khususnya dalam bidang pengelolaan bank sampah

Menindaklanjuti Hasil FGD, Kelompok KKN Desa Sidodadi Adakan Pelatihan Pengelolaan Bank Sampah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *