Program Studi Ekonomi Syariah STAI Al Hikmah Tuban terus mendorong dosen dan staff nya untuk terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan keikutsertaan dalam berbagai program, baik seminar atau pun pelatihan. Kali ini bertempat di Oakwood Hotel and Residence Surabaya, salah satu dosen mengikuti Talent Scouting Program yang diadakan oleh PMU Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Acara semacam ini diadakan dalam tiga zona di tahun 2019 ini, yaitu di Makasar, Medan dan Surabaya.

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 8 sampai 10 Agustus ini bermaksud untuk merekrut dosen-dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan PTKIN dan PTKIS yang memiliki kompetensi dan minat untuk melanjutkan studinya ke luar negeri dengan program 5000 Doktor. Acara ini dikemas sangat menarik karena peserta pelatihan dibekali banyak hal terkait proses pendaftaran Beasiswa ini dan berbagai bekal yang diperlukan untuk dapat melanjutkan studi di luar negeri dengan baik.

Dalam acara ini, 32 peserta telah terpilih untuk mengikuti Talent Scouting Program, slaah satunya adalah Niswatin Nurul Hidayati, S.S., M.A. yang merupakan dosen Program Studi Ekonomi Syariah STAI Al Hikmah Tuban. Terdapat beberapa materi penting yang disampaikan dalam acara ini, misalnya Pengenalan Program 5000 Doktor Luar Negeri oleh Yeni Ratna Yuningsih, Ph.D., Membangun Proposal Riset yang baik oleh Prof. Mark Smith dari Dundee University United Kingdom, Teknik Penulisan Essai oleh Assoc. Prof. Nanjappa Aswath dari Central University of Queensland, Strategi Komunikasi dengan Calon Supervisor dan Mendapatkan LoA oleh Salamah Agung, Ph.D., Strategi dan Teknik Menghadapi Interview oleh Arif Zamhari, Ph.D., Strategi Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing oleh Dr. Yuli Yasin, Belajar dari Kisah Sukses Peneirma Beasiswa oleh Didin Hidayat, Ph.D., Mengenal Tes Potensi Akademik dan Psikotes oleh Dr. Zahrotun Nihayah, M.Si., serta ditutup dengan presentasi dari 3 Universitas yang menjadi parent PMU, yaitu Dundee University, Central University of Queensland, serta Leiden University.

Hasil dari diadakannya program ini diharapkan agar baik dosen maupun tenaga kependidikan memiliki semangat tinggi untuk terus melanjutkan jenjang Pendidikannya di luar negeri, karena program ini memfasilitasi setiap dosen dan tenaga kependidikan yang berkualifikasi untuk memiliki universitas manapun di dunia untuk menjadi tujuan studinya, tentu saja universitas universitas terbaik di dunia. Acara semacam ini juga dapat menjadi sarana untuk upgrade softskill dosen dan tenaga kependidikan untuk belajar banyak hal, khususnya terkait studi di luar negeri. PMU Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama berharap banyak bahwa dengan diadakannya acara ini dapat meningkat jumlah Awardee yang diberangkatkan ke luar negeri tahun ini.

Keikutsertaan Dosen Prodi Ekonomi Syariah dalam Talent Scouting Program yang Diadakan PMU Direktorat Pendidikan Tinggi Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *